Nonton TV Lokal Gratis

HANYA GORESAN BELAKA

Rabu, 03 September 2008

Tahun 2020, HIV Diprediksi Capai 2 Juta Kasus

JIMBARAN - Kasus HIV dan AIDS pada tahun 2020 diprediksi melonjak menjadi 2 juta kasus. Sekitar 80 persen di antaranya menimpa kaum laki-laki.

"Dari kajian epidemologis yang kami lakukan, sampai 2020 proporsi terbesar yang paling banyak menyumbang penyebaran virus dalam epidemi HIV adalah laki-laki," jelas Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional Nafsiah Mboi di sela-sela pertemuan regional penanggulangan HIV di Hotel Goodway Jimbaran Bali, Senin (21/7/2008).

Laki-laki yang hobi "jajan" atau menjadi pelanggan penjaja seks, kata Nafsiah, menjadi penyumbang virus terbesar. Populasi rentan lainnya adalah laki-laki yang melakukan hubungan seks dengan laki-laki, atau biasa disebut homo seksual. Terakhir, para pengguna narkoba suntik yang saat ini masih didominasi kaum laki-laki.

"Saat ini hanya 17 persen dari pengguna narkoba suntik adalah perempuan. Sebagian besar adalah laki-laki," jelas Nafsiah.

Sementara itu, sekitar 20 persen dari infeksi HIV tersebut diperkirakan akan menimpa kalangan pekerja seks dan ibu rumah tangga. Nafsiah justru mengkhawatirkan penularan lebih banyak kepada kalangan ibu rumah tangga, karena kebanyakan suami secara sembunyi-sembunyi melakukan hubungan seks di luar rumah dan tidak mau menggunakan kondom ketika berhubungan dengan istri

Untuk mengantisipasi penularan yang makin tak terkendali, Nafsiah menilai penting untuk memulai kampanye penyelamatan terhadap kaum laki-laki. "Kalau laki-laki tidak mengubah perilakunya, maka 80 persen yang terinfeksi HIV adalah kaum laki-laki, baik yang jadi pelanggan penjaja seks, laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki, atau laki-laki pengguna narkoba suntik," Nafsiah mengingatkan.

Berdasarkan data KPA Nasional, total kasus HIV/AIDS yang dilaporkan saat ini mencapai sekitar 20.000 kasus.

Sementara berdasarkan kajian epidemologis, total kasus HIV/AIDS saat ini diperkirakan telah mencapai 200.000 kasus. "Ini adalah PR (pekerjaan rumah) kita untuk bisa membongkar fenomena gunung es ini. Masih banyak sekali kasus yang belum bisa diungkap," tegas Nafsiah.(Ni Komang Erviani/Sindo/hri)

Tidak ada komentar:


Belajar membuat website » Membuat website itu sangatlah mudah, dapatkan panduannya di sini ! ditunjang berbagai software & full support. daftar segera !! http://www.resepbisnis.com/?id=rohman

John Cena

Flixster - Share Movies
Flixster - Share Movies
Flixster - Share Movies
Flixster - Share Movies
Flixster - Share Movies
BIODATA : NAME : John Cena , Date Of Birth : April 23 1997 , Place Of Birth : West Newbury,Massachuesetts , Film : The Marine